Menjajal performa Yamaha New Jupiter-Z. Dilakukan dalam perjalanan Jogja-Kediri yang berjarak 250 km pada rangkaian acara Yamaha New Jupiter-Z Amazing Tour 2010. Spesifikasi Motor Yamaha Jupiter Z bisa lihat disini daftar Harga Lihat disini


Begitu tombol stater ditekan, suara mesin langsung terdengar, rasanya suara sedikit lebih lembut dibanding Vega ZR yang memakai dapur pacu sejenis. Ini lantaran bagian dalam saluran buang Jupiter-Z sudah didesain berbeda.

Begitu pedal persneling diinjak gigi ke satu dan gas dibetot, motor langsung ngacir. Tenaganya sangat responsif. Dibetot paksa, jarum spido mentok di 40 km/jam. Masuk gigi dua lagi-lagi gas dibejek habis terlihat jarum melewati 60 km/jam.
Sedang pada putaran gigi tiga kecepatan 80 km per jam bisa cepat diraih. Saat kondisi jalan lengang masuk gigi empat kecepatan New Jupiter-Z ini bisa tembus 110 km/jam. Sistem perpindahan gigi yang sudah rotari juga memudahkan kembali ke posisi netral begitu berhenti.
Saat melintasi kawasan Ngawi, Jawa Timur dan melewati jalur berkelok, handling yang dirasakan begitu mantaf. Gak ada gejala ngebuang pada sektor roda belakang. Ini lantaran sudah dilengkapi batang suspensi berdiameter besar.
Setelah hampir seharian jajal, sudut yang dibentuk antara pijakan kaki, jok dan setang juga cukup nyaman. Namun getaran sedikit terasa ketika tangan genggam setang.
DIMANJA LAMPU

Masih pada bagian muka, bodi juga didesain menyatu dengan lampu senja dan sein. Konsep lampu model ini mengingatkan pada Jupiter MX 135LC. Cuma dimensinya lebih besar dan hampir menutup setengah bagian bodi depan. Sedangkan lampu belakang memiliki ukuran lebih besar dengan desain yang juga nggak kalah menarik.
Untuk kaki-kaki, New Jupiter-Z tipe CW tentunya sudah pakai pelek palang yang sama dipakai Jupiter MX. Ini bikin tampilan jadi lebih gagah.
Penulis/Foto : Belo
untuk terlebih dahulu klik disini