Ini Dia Yamaha Jupiter MX Terbaru Simpang siur spesifikasi Yamaha Jupiter MX terbaru akhirnya terjawab sudah. PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) benar-benar menyematkan rem cakram di bagian kaki belakang Jupiter MX terbaru.
Hal tersebut terungkap dalam pameran motor terakbar di Indonesia Jakarta MotorCycle Show (JMCS) 2010 yang resmi dibuka hari ini. Di ajang itu, Jupiter MX terbaru dipajang dengan apik.
Dengan nongolnya Jupiter MX double disc ini, patah juga bocoran yang sebelumnya diberikan Advisor PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) Bambang Asmarabudi. Ketika itu dia mengatakan bahwa Jupiter MX terbaru hanya akan ganti striping saja, tidak akan ada penambahan fitur seperti rem cakram di roda belakang.
"Mesin tetap sama, tidak akan ada cakram ganda juga," ujar ketika itu.
Selesai bicarakan cakram belakang, mari tengok bentuk motor ini yang terlihat lebih segar dengan pengadopsian bodi baru. Sebab banyak perubahan yang dilakukan Yamaha pada motor yang menggendong mesin 135 cc ini selain pengaplikasian rem double disc.
Bodi New Jupiter MX lebih terlihat ramping. Hal ini mungkin dimaksudkan untuk meningkatkan aerodinamika motor tersebut. Perubahan lainnya juga terjadi pada bagian head lamp yang kini agak lebar sedikit. Sedangkan lampu senja kini lebih sipit yang disertakan perubahan pada bagian depan. Sementara untuk fairingnya kini lebih terlihat agak membesar sedikit dan terlihat ventilasi. Beralih ke buritan, lampu rem New Jupiter MX juga terlihat lebih ramping, berbeda sekali dengan bentuk lama.
Begitu juga dengan bentuk breket belakang. Improvement lain yang dilakukan Yamaha adalah penambahan disc brake pada rem belakang. Dengan penyematan itu Yamaha beralasan untuk menyamankan penggunannya. Menelisik ke bagian jeroan Yamaha New Jupiter MX, kini gigi tambah menjadi 5 dimana sebelumnya hanya 4. Namun mesinnya tetap sama yakni 134 cc 4 valve SOHC berpendingin cair.
Tenaga yang dihasilkan sebesar 12,52 Ps pada putaran mesin 8.500 rpm dan torsi 1,24 kgf.m pada putaran 6.000 rpm. Tenaga tersebut menjadi patokan Yamaha untuk mematikan lawan-lawannya. Tapi sayangnya, Yamaha belum bisa dikonfirmasi apakah benar ini Jupiter MX yang baru atau hanya sekedar motor pajangan. Mari kita tunggu saja kepastiannya dari pabrikan berlambang garpu tala ini.
Hal tersebut terungkap dalam pameran motor terakbar di Indonesia Jakarta MotorCycle Show (JMCS) 2010 yang resmi dibuka hari ini. Di ajang itu, Jupiter MX terbaru dipajang dengan apik.
Dengan nongolnya Jupiter MX double disc ini, patah juga bocoran yang sebelumnya diberikan Advisor PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) Bambang Asmarabudi. Ketika itu dia mengatakan bahwa Jupiter MX terbaru hanya akan ganti striping saja, tidak akan ada penambahan fitur seperti rem cakram di roda belakang.
"Mesin tetap sama, tidak akan ada cakram ganda juga," ujar ketika itu.
Selesai bicarakan cakram belakang, mari tengok bentuk motor ini yang terlihat lebih segar dengan pengadopsian bodi baru. Sebab banyak perubahan yang dilakukan Yamaha pada motor yang menggendong mesin 135 cc ini selain pengaplikasian rem double disc.
Bodi New Jupiter MX lebih terlihat ramping. Hal ini mungkin dimaksudkan untuk meningkatkan aerodinamika motor tersebut. Perubahan lainnya juga terjadi pada bagian head lamp yang kini agak lebar sedikit. Sedangkan lampu senja kini lebih sipit yang disertakan perubahan pada bagian depan. Sementara untuk fairingnya kini lebih terlihat agak membesar sedikit dan terlihat ventilasi. Beralih ke buritan, lampu rem New Jupiter MX juga terlihat lebih ramping, berbeda sekali dengan bentuk lama.
Begitu juga dengan bentuk breket belakang. Improvement lain yang dilakukan Yamaha adalah penambahan disc brake pada rem belakang. Dengan penyematan itu Yamaha beralasan untuk menyamankan penggunannya. Menelisik ke bagian jeroan Yamaha New Jupiter MX, kini gigi tambah menjadi 5 dimana sebelumnya hanya 4. Namun mesinnya tetap sama yakni 134 cc 4 valve SOHC berpendingin cair.
Tenaga yang dihasilkan sebesar 12,52 Ps pada putaran mesin 8.500 rpm dan torsi 1,24 kgf.m pada putaran 6.000 rpm. Tenaga tersebut menjadi patokan Yamaha untuk mematikan lawan-lawannya. Tapi sayangnya, Yamaha belum bisa dikonfirmasi apakah benar ini Jupiter MX yang baru atau hanya sekedar motor pajangan. Mari kita tunggu saja kepastiannya dari pabrikan berlambang garpu tala ini.
SPESIFIKASI YAMAHA MX TERBARU:
DIMENSI
P x L X T .................................................. ................. 1.960 x 695 x 1080 mm
Jarak Sumbu Roda .................................................. ... 1255 mm
Jarak Terendah ke tanah ............................................ 130 mm
Tinggi tempat duduk .................................................. 775 mm
Berat isi .................................................. .................. 116 kg
Kapasitas tangki bensin .............................................. 4 Liter
MESIN
Tipe Mesin .................................................. ................ 4 Langkah, 4 Valve SOHC, Berpendingin Cairan
Jumlah/Posisi Silinder .................................................. Cylinder Tunggal / Tegak
Volume Silinder .................................................. ........ 134,4 cc
Diameter x Langkah .................................................. .. 54.0 x 58,7 mm
Perbandingan Kompresi ............................................... 10,9 : 1
Daya Maksimum .................................................. ....... 9.21 kW / 8500 rpm
Torsi Maksimum .................................................. ....... 12.14 / 6000 rpm
Sistem starter .................................................. .......... Electric starter dan Kick Starter
Sistem Pelumasan .................................................. .... Basah
Kapasitas Oli Mesin .................................................. ... Total 1.15 L/ Penggantian berkala: 0.94 Liter
Sistem Bahan Bakar .................................................. . Karburator BS25-58 x 1
Tipe Kopling .................................................. ............. Basah, Kopling Manual, Multiplat
Tipe Transmisi .................................................. .......... Return, 5 Kecepatan
Pola Pengoperasian Transmisi ...................................... 1 - N - 2 - 3 - 4 - 5
Rangka
Tipe rangka .................................................. ................. Diamond
Suspensi depan .................................................. ............ Teleskopik
Suspensi belakang .................................................. ........ Lengan Ayun, Suspensi Monocross
Ban depan .................................................. ................... 70/90 -17M/C 38P IRC
Ban belakang .................................................. ............... 100/70 - 17M/C 49P IRC
Rem depan .................................................. .................. Cakram
Rem Belakang .................................................. .............. Cakram
Kelistrikan
Sistem Pengapian .................................................. .......... DC CDI
Battery .................................................. ......................... YTZSS (MF Battery 12V 3.5 Ah)
Tipe Busi .................................................. ...................... CPR8EA-9 (NGK) / U24EPR-9 (DENSO)